Jumat, 26 Juli 2013

Suara Anak DIY



Suara Anak Daerah Istimewa Yogyakarta 2013

Kami anak-anak Daerah Istimewa Yogyakarta menginginkan :
1. Pemerintah memenuhi dan melindungi hak hidup serta identitas anak yang kurang beruntung dengan memberikan akses pembuatan akte kelahiran yang mudah dan tanpa dipungut biaya.
2. Pemenuhan hak tumbuh kembang atas pendidikan di Indonesia harus setara antara yang tinggal di kota dengan yang di pedesaan, antara laki-laki dan perempuan, antara yang miskin dengan yang kaya, yang berbeda golongan, yang berkebutuhan khusus, dll tanpa ada diskriminasi sebagai sekolah inklusi.
3. Pemerintah se-DIY memfasilitasi untuk WAJAR gratis 12 tahun.
4. Pemerintah membantu seluruh sekolah di DIY dan masyarakat agar dimanapun itu tidak ada tindakan bullying lagi pada anak-anak.
5. Pemerintah mendukung dan melakukan pengawasan jajanan anak di sekolah agar anak-anak tetap sehat.
6. Yogyakarta yang istimewa adalah juga tempat bertumbuh anak-anak yang istimewa dan sehat. Terlebih bila pemerintah memfasilitasi JAMKESAN atau “Jaminan Kesehatan Khusus Anak”.
7. Forum Anak dapat secara intensif berkomunikasi dengan pemerintah dan difasilitasi untuk membangun penguatan jaringan Forum Anak dari tingkat Kampung/Dusun hingga Daerah.
8. Pemerintah memberikan apresiasi terhadap masukan program Forum Anak untuk berpartisipasi dalam Musrenbang.
9. Pemerintah mengatur warnet sehat, internet ramah anak, dan informasi dari media yang positif bagi anak.
10. Pemerintah mendengar dan menerima masukan dari suara anak untuk program dan kebijakan yang diambil dalam pelaksanaan kerja pemerintah sehari-hari.

1 komentar: