Sabtu, 29 Juni 2013

FORUM ANAK NASIONAL 2013

Berdasarkan surat  dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tanggal 20 November 2012 Nomor : 112/KPP-PA/D.V/11/2012, perihal pertemuan Forum Anak Nasional, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan melaksanakan pertemuan Forum Anak Nasional 2013. Kegiatan akan diselenggarakan besok tanggal 22 s.d 26 Juni 2013 di Hotel Eden II Kaliurang, dihadiri dan dibuka oleh Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada hari Minggu tanggal 23 Juni 2013 dan akan diikuti perwakilan dari 33 (tiga puluh tiga) Provinsi dengan peserta  sejumlah 500 orang yang terdiri dari anak dan pendamping.
                Pertemuan Forum Anak Nasional 2013 dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas bagi pengurus Forum Anak Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia dengan tema utama ”Nasionalisme, Persaudaraan dan Kebhinekaan. Tema tersebut dipilih untuk merespon dan mengantisipasi fenomena sosial menurunnya semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme serta persaudaraan atau kesetiakawanan sosial antar anak yang ditandai dengan munculnya berbagai bentuk kenakalan remaja, tawuran pelajar, perkelahian antar kelompok anak atau potensi kerawanan sosial anak lainnya yang melibatkan anak.
                Pertemuan FAN ini dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2013 yang di satu sisi diharapkan dapat memberikan inspirasi anak-anak untuk bangga menjadi anak Indonesia dan termotivasi untuk berprestasi, dan di sisi lain pertemuan FAN merupakan apresiasi atau penghargaan bagi anak-anak daerah yang telah memiliki prestasi dan aktif berpartisipasi di lingkungan masing-masing, khususnya dalam melakukan sosialisasi dan advokasi di bidang pemenuhan hak partisipasi anak dan pelaksanaan kewajiban anak. Pada Malam Penganugerahan yang akan dilakukan di Kepatihan, 3 Tunas Muda Pemimpin Indonesia 2013 yang diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta hadir bersama 6 Tunas Muda Pemimpin Indonesia 2013 lainnya. Ini merupakan prestasi khusus bagi kemajuan Forum Anak di Daerah Istimewa Yogyakarta.
                Kami berharap kegiatan Forum Anak Nasional di Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat  meningkatkan kapasitas anak dalam rangka membangun kepribadian dan karakter bangsa sejak dini  serta merupakan langkah konstruktif untuk menjawab tantangan perubahan global yang berdampak pada menurunnya nilai-nilai budaya bangsa, rasa nasionalisme dan persaudaraan anak-anak Indonesia.
Ketua Panitia Pelaksana DIY

                                                                               Dra. Kristiana Swasti, MSi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar