Selasa, 13 September 2011

ICT untuk sekolah

Ada banyak solusi teknologi informasi untuk sekolah. Secara umum, teknologi informasi diimplementasi dalam kategori sbb.:

1. Untuk menunjang administrasi sekolah (school/business administration tools)
2. Untuk menunjang proses belajar mengajar (learning tools)
3. Untuk mengelola pengetahuan (knowledge management tools)

Pemanfaatan sebagai alat untuk menunjang administrasi sekolah banyak ditemui dalam bentuk sistem administrasi sekolah. Biasanya dalam bentuk sebuah aplikasi terintegrasi yang mengakomodasi berbagai aspek proses bisnis di sekolah, mulai dari siswa masuk, pencatatan nilai, kehadiran, penjadwalan, adminstrasi keuangan, manajemen inventaris sampai pada level ke bantuan pimpinan untuk pengambilan keputusan. Pemerintah seringkali membuat banyak proyek dalam sektor ini dengan berbagai teknologi yang ada.

Pemanfaatan untuk menunjang proses belajar banyak ditemui dalam bentuk pembelajaran interaktif seperti e-learning atau computer-based teaching. Banyak juga ditemui materi ajar interaktif yang dikembangkan secara stand-alone atau dijalankan dalam lingkungan belajar e-learning berbasis internet. Saat ini pemanfaatan untuk menunjang proses belajar sudah mulai marak di sekolah-sekolah kita, meskipun masih banyak problem dalam efektifitasnya.

Dalam hal pemanfaatan untuk mengelola pengetahuan, banyak sudah aplikasi untuk menampung dan mengelola file-file berisi berbagai pengetahuan. Berbagai format file seperti teks, audio, video, gambar dapat disimpan dan diakses dengan mudah. Bisa diterapkan di lingkungan lokal (LAN) atau pun juga lingkungan global internet.

Nah, solusi apa yang sudah sekolah Anda lakukan sampai sejauh ini?

==ditulis oleh Budi==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar